Cara Menjaga Gula Darah untuk Ibu Hamil Penderita Diabetes

Hamil sudah menjadi tantangan tersendiri bagi kaum hawa alias perempuan, Apalagi jika perempuan tersebut menderita penyakit diabetes. Selain pemenuhan nutrisi lewat multivitamin ibu hamil paling lengkap, ia juga harus berhati-hati dan memantau kadar gula darahnya. Berikut ini adalah tips bagi ibu hamil penderita diabetes dalam menjaga gula darah.

Cara Mencegah Gula Darah untuk Ibu Hamil Penderita Diabetes

- Konsultasi kepada dokter
Ada baiknya, jika ibu hamil penderita diabetes berkonsultasi kepada dokter sebelum hamil. Berkonsultasilah untuk mengetahui efek diabetes pada tubuh saat hamil. Dokter tentu akan memberi tahu berbagai kiat atau hal-hal yang bisa lakukan untuk menjaga gula darah, bagaimana mengganti obat, dan saran positif lainnya.

- Cari referensi banyak dokter
Ketika sudah berkonsultasi dengan dokter, ternyata ada beberapa dokter yang bisa anda kunjungi untuk meminta saran dan masukan. Mulai dari dokter kandungan, untuk mendeteksi kondisi janin, dokter spesialis gizi untuk konsultasi masalah asupan makanan saat kehamilan, dan dokter spesialis ibu hamil. Ibu harus banyak mendapatkan referensi dari dokter supaya mencegah masalah lebih dini.

- Antenatal Care
Antenatal Care atau pemeriksaan kehamilan harus dilakukan untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan janin. Hal ini sebenarnya juga penting, meski sang ibu tidak menderita diabetes sekalipun.

- Pemeriksaan Kadar Gula
Ibu hamil penderita diabetes harus secara rutin melakukan pemeriksaan kadar gula dalam tubuh. Tingkat gula darah bisa berubah dengan sangat cepat lantaran ibu hamil membutuhkan lebih banyak energi saat melakukan aktivitas.

- Insulin sesuai anjuran Dokter
Konsumsi obat atau insulin yang telah diberikan dokter kepada anda. Jangan lupakan juga konsumsi permen atau sumber gula cepat yang lain, jika sewaktu-waktu kandungan gula darah dalam tubuh menurun terlalu cepat.

- Pola Makan Sehat
Ibu Hamil dengan diabetes sebaiknya menerapkan pola makan sehat selama proses kehamilannya. Hal ini dipakai guna mencehag kadar gula tinggi atau rendah. Ibu hamil juga disarankan untuk setidaknya selama 30 menit berolahraga setiap hari.

Anda juga bisa membaca artikel berkaitan dengan ibu hamil dan diabetes di situs guesehat,com, contohnya dalam artikel ini www.guesehat.com/tips-untuk-kamu-yang-merawat-pasien-diabetes.

Related Posts

Cara Menjaga Gula Darah untuk Ibu Hamil Penderita Diabetes
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Untuk mendapatkan Artikel terbaru, masukkan alamat Email Anda di sini